Salah satu jenis kata kunci adalah long tail keyword yang adalah frasa kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik. Jenis keyword ini kemungkinan besar digunakan pengunjung saat mereka lebih cenderung ketika mereka sedang mencari produk atau saat mereka menggunakan penelusuran suara. Awalnya, keyword yang satu ini sedikit kontra-intuitif, tetapi bisa menjadi sangat berharga jika Anda tahu cara menggunakannya
Dengan meningkatnya persaingan seputar kata kunci inti yang ingin ditargetkan oleh setiap praktisi SEO, tampaknya ada kebutuhan untuk menghasilkan solusi yang lebih kreatif untuk tetap berada di puncak permainan. Salah satu solusi yang dikemukakan adalah penggunaan long tail keyword seperti yang bisa dilihat saat ini.
Long tail keyword telah digunakan oleh para ahli yang menawarkan layanan SEO untuk sementara waktu sekarang, dan masih berfungsi. Jika digunakan dengan benar, ini bisa menjadi cara yang menarik untuk memanfaatkan lalu lintas penelusuran tinggi. Meski Anda akan menarik lebih sedikit lalu lintas dengan kata kunci ekor panjang dibandingkan dengan kata kunci yang lebih umum, tetapi lalu lintas yang Anda tarik akan lebih baik yakni lebih fokus, lebih berkomitmen, dan lebih berkeinginan untuk layanan Anda.
Pengertian dan Fungsi Long Tail Keyword
Secara istilah, long tail keyword (LTK)adalah pencarian dengan volume pencarian dan tingkat persaingan yang relatif rendah. Selain itu, istilah berekor panjang cenderung lebih panjang yakni 3 kata lebih dibandingkan kebanyakan jenis kata kunci lainnya. Meskipun hanya sedikit orang yang menelusuri kueri long tail keyword satu per satu, saat Anda menambahkannya bersama-sama, keyword ini sebenarnya merupakan bagian besar dari semua penelusuran Google.
Bahkan Ahrefs melaporkan bahwa 92% dari semua kata kunci mendapatkan 10 pencarian atau kurang per bulan. Dengan kata lain, 92% dari semua kata kunci yang diketik orang ke mesin pencari adalah long tail. Adapun fungsi long tail keyword untuk mendapatkan trafik dan klik dari kata kunci tertentu. LTK sering digunakan dalam perintah untuk mencari toko, membeli dan menjual, dan tutorial. Dengan kata kunci yang lebih panjang, kemungkinan besar, pesaing rata-rata akan berada di level yang rendah.
ujuan dan Manfaat Penerapan Long Tail Keyword
Penciptaan dan penggunaan keyword tentunya dimaksudkan untuk mempermudah pencarian serta indeks dari apa yang sedang dicari. Begitu juga dengan long tail keyword, berikut tujuan dan manfaat penerapannya :
Membantu memberi peringkat untuk kata short tail keyword juga
Lebih sering daripada tidak, long tail keyword sudah menyertakan kata kunci pendek yang kemungkinan besar ingin Anda ranking. Ini membuatnya lebih mudah untuk mencapai kedua tujuan Anda yakni meningkatkan peringkat Anda untuk kata kunci utama tersebut serta yang spesifik yang ditargetkan. Peringkat situs yang lebih tinggi adalah sama dengan lebih banyak lalu lintas organik.
Mengoptimalkan strategi blog Anda
Salah satu cara termudah untuk situs web Anda untuk memulai peringkat adalah dengan membuat blog. Jika Anda merasa kewalahan tentang cara memulainya, Anda tidak perlu khawatir, karena long tail keyword dapat memandu Anda. Mereka dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang dicari audiens Anda dan memungkinkan Anda membuat konten berharga yang dapat mengatasi beberapa pencarian kata kunci agar lebih cepat.
Memungkinkan untuk mempersonalisasi konten Anda
Long tail keyword terdiri dari empat atau lima kata atau terkadang lebih panjang dan biasanya berisi kata deskriptif seperti jenis kelamin, kebangsaan, atau lokasi geografis. Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan membuat berbagai konten yang dapat mendukung berbagai kategori dan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk lebih bertarget dengan strategi konten Anda dan menuai keuntungan dari pemasaran kontekstual.
Bantuan dari Google Analytics
Penelitian kata kunci untuk istilah long tail keyword tidak serumit itu, karena beberapa di antaranya mungkin berasal langsung dari layanan analisis web Anda seperti Google Analytics. Dikombinasikan dengan Google Search Console, Anda juga dapat melihat kinerja kata kunci ekor panjang yang Anda pilih, seperti volume penelusuran dan rasio konvers yang akan memungkinkan Anda memilih yang terbaik untuk strategi SEO Anda.
Menghadapi kemungkinan tren masa depan
Kata kunci long tail lebih bersifat komunikatif dan itu dapat menjadi unsur penting dalam strategi SEO Anda. Jadi ini adalah inti dari algoritma mesin telusur terbaru Google, karena bertujuan untuk mempelajari Pemrosesan Bahasa Alami atau Natural Language Processing (NLP) dan maksud di balik penelusuran. Bahkan asisten suara, yang membacakan jawaban dari cuplikan pilihan, memprioritaskan hasil yang menyertakan kata kunci long tail di dalamnya.
No comments:
Post a Comment